Industri Usaha Kecil Yang Bertujuan Untuk Dunia dan Akhirat.

Aneka Karya Kangs Bangsalsari adalah suatu usaha  yang bergerak dibidang pembuatan kubah, yang didirikan pada tahun 2016. Rizki, seorang pengusaha muda dari generasi yang sangat inspiratif pada masanya. Pria berusia 25 tahun ini telah bekerja sebagai pembuat kubah untuk masjid sejak 2007, setelah lulus dari sekolah menengah dan menjadi pekerja. Selama bertahun-tahun ia menjadi pengrajin kubah masjid di seluruh Indonesia. Dari pulau Sumatra ke Papua, sampai menjelajahi untuk pembuatan berbagai jenis kubah masjid.

Tidak hanya itu, pria yang dulu bernama “Rizky” ini juga digunakan untuk membuat kubah hias, menara kubah, langit-langit, gulungan, dan layanan dicat kubah. Usahanya terkait erat dengan pengalamannya saat bekerja sebagai pembuat kubah. Lulusan sekolah menengah berfungsi sebagai kubah untuk ukuran kecil dan besar. Ia juga pandai mendesain berbagai bentuk kubah sesuai selera konsumen. Misalnya, sebuah masjid di daerah Sukodono Sidoarjo, serta membuat kubah masjid, menggambar lukisan di dalam kubah. Jadi paroki-paroki yang beribadah di masjid lebih tertarik untuk sholat berjamaah: “Saya ingin menyebarkan ide-ide kreatif yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa kepada Masjid Sukudono untuk membuat gereja lebih antusias dalam beribadah di masjid.” Kata Rizky saat pertama kali bertemu.

Namun seiring berjalannya waktu, ia memasuki bisnisnya dengan rasa saling percaya yang besar dari konsumen dan pemilik bahan baku. Ini menjadi modal yang kuat di perusahaan-perusahaan yang sedang dibangun.

Perusahaannya terletak di Jalan Madura, Desa Jambi Kulun, Kabupaten Bangsalasari, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pria yang berasal dari Banyuwangi menjadikan rumahnya sebagai kantor untuk melayani kubah masjid. Dengan bantuan beberapa karyawan, ia menyediakan layanan pembuatan kubah di masjid-masjid.

Saat membuat kubah masjid, Anda sangat peduli dengan kualitas bahan baku dan desain kubah. Kejujuran adalah nilai posisi yang selalu disajikan untuk menjaga kepuasan konsumen. Menurutnya, kepuasan pelanggan menjadi kebahagiaan, yang dapat meningkatkan motivasinya dalam pengembangan bisnis.

“Perusahaan ini memiliki rasa kepercayaan dan itu benar-benar digabungkan, dan ini adalah prioritas saya dalam mengelola perusahaan,” kata Rizky.

Tidak berhenti sampai di situ, ia banyak menggunakan jejaring sosial, yang kini berkembang dengan baik. Iklannya telah dipublikasikan di banyak jejaring sosial, seperti Facebook, BBM dan Whatsapp, dan ia telah membuat blog pribadi yaitu Kubah Masjid Sari Bangsal , sebagai alat pemasaran untuk layanan hari Minggu. Dengan strategi pemasaran yang baik, perusahaan Anda harus dapat bersaing di pasar manufaktur yang lebih berkubah.

Dorongan berikutnya datang dari keinginan untuk menciptakan industri yang akan menjadi kamp amal baginya.

“Bekerja lebih baik adalah bekerja dengan amal,” kata Rizky, yang menjadi ayah dari seorang anak.

Itu selalu dilakukan, mengingat bahwa kubah sangat penting di tempat ibadah, seperti masjid. Karena ini adalah tempat utama di mana masjid berdiri. Dia menekankan bahwa nilai uang yang baik diharapkan selama bekerja. Untuk alasan ini, ia selalu mengenakan biaya lebih murah daripada pesaing yang lebih besar atau mereka yang sudah terlibat dalam bisnis ini. Misalnya, ketika membangun kubah masjid di Madurai, harganya ditetapkan Rp 130.000.000,00, yang lebih murah daripada pesaingnya yang menetapkan harga Rp 150.000.000,00. Baginya, dia melihat tidak hanya keuntungan besar dalam proyek yang dilaksanakan, tetapi juga bentuk dedikasi dan amal yang ingin dia berikan saat membangun kubah.

“Manfaatnya harus seimbang antara dunia dan masa depan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *